Tabayyun Pada Para Pendakwah

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Anda bukan saya, saya juga bukan dia, walau kita sama sama manusia.

Anda tidak bisa, bukan bukti bahwa semua orang pasti juga tidak bisa.

Anda tidak tahu, bukan bukti bahwa orang lain juga pasti tidak tahu seperti anda.

Anda tidak suka, juga bukan dalil valid bahwa semua orang pasti tidak suka pula.

Anda tidak mendapat untung alias rugi, bukan bukti tak terbantahkan bahwa semua orang juga merugi senasib dengan anda.

Anda tidak mendapat kegunaan dari sesuatu, juga bukan bukti tak terbantahkan bahwa semua orang pasti senasib dengan anda.

Kawan, ada baiknya anda juga sesekali menoleh ke belakang, bisa jadi kemaren anda seperti mereka, yang hobi berselancar di dunia remang remang yang ada di youtube , atau medsos, kemudian anda tersangkut oleh salah satu konten dakwah yang ada di sana dan akhirnya mendapat hidayah dengan perantara salah satu vidio atau konten yang ada di youtube atau medsos tersebut.

Terimalah fakta bahwa saat ini begitu banyak saudara saudara kita yang hidup di dunia tik tok yang butuh batu sandungan, dan ranting yang melintang untuk memantik terbukanya pintu hidayah di hati mereka?

Anda telah bersih nan suci hari ini, bukan alasan bagi anda untuk melupakan masa lalu yang bisa jadi lebih kotor minimal atau menyerupai saudara saudara anda yang hari ini masih hanyut di dunia joget dan musik yang ada di tik tok.

Itulah kehidupan kawan, karena itu yuk biasakan diri kita untuk bisa menerima fakta, bahwa Allah tidak pernah menjadikan diri kita sebagai tolok ukur bagi semua manusia di dunia.

Dengar dan renungkan baik baik firman Allah Ta’ala berikut ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِذَا ضَرَبْتُمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ فَتَبَيَّنُواْ وَلاَ تَقُولُواْ لِمَنْ أَلْقَى إِلَيْكُمُ السَّلاَمَ لَسْتَ مُؤْمِنًا تَبْتَغُونَ عَرَضَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا فَعِندَ اللّهِ مَغَانِمُ كَثِيرَةٌ
كَذَلِكَ كُنتُم مِّن قَبْلُ فَمَنَّ اللّهُ عَلَيْكُمْ فَتَبَيَّنُواْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan “salam” kepadamu: “Kamu bukan seorang mukmin” (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah menganugerahkan nikmat-Nya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (An nisa’ 94)

Ngebet amat sih masalah tik tok, mau buka akun di tik tok ya? He he he, ngramal aja sukanya, kawan dengan satu atau dua akun di facebook saja saya sudah sangat tersibukkan, apalagi sampai punya akun lain di aplikasi yang berbeda. Saya hanya mengajak anda untuk bisa memahami sikap dan cara berpikir saudara saudara anda.

Semoga mencerahkan siang hari anda, kawan.

Status oleh : Dr Muhammad Arifin Badri
Diterbitkan pada : 22 september 2021
Link : https://www.facebook.com/DrMuhammadArifinBadri/posts/418521392967930

Topics: