Saatnya Berpisah untuk Berjumpa

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

(Memori Bersama Syaikh Ali_Hasan al-Halabi -rahimahullah-)

Pagi ini, Sabtu 26 Syawwal 1440 H (29 Juni 2019), rangkaian kegiatan Durus Ilmiyyah Dauroh Syar’iyyah – Manhajiyyah ke-20, yang terselenggara atas kerjasama antara STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya – Indonesia dengan Markaz al-Imam al-Albani Yordan, resmi ditutup.

Saat memberikan kalimat penutup, yang pertama kali disampaikan oleh Syaikh Ali Hasan al-Halabi adalah sabda Rasulullah:

السفر قطعة من العذاب

“Safar itu sebagian dari adzab”

 

Kemudian Syaikh menyampaikan, bahwa adzab yang dimaksud dalam hadits di atas, berdasarkan penjelasan sebagian ulama, adalah;

قطعة من العذاب لمفارقة الأحباب

“… sebagian dari adzab karena berpisah dari orang-orang yang tercinta.”

 

Ternyata, itu jadi kalimat beliau yang terakhir di Dauroh Surabaya – Batu Malang. Dauroh penuh berkah yang telah berlangsung selama kurang lebih 20 tahun lamanya, semenjak dulu pertama kali diadakan di Surabaya. Dan setau saya, beliau tidak pernah absen mengisi Dauroh tersebut selama jadwal beliau sebagai pemateri.

****

 

Dunia yang kita jalani ini adalah “safar“. Pada saatnya nanti, orang-orang beriman akan pulang dari safar ini, lalu bertemu dengan orang-orang tercinta, setelah berpisah sekian lama.

Beliau (al-‘Allaamah ‘Ali Hasan al-Halabi) sangat mencintai guru beliau al-Imaam al-Albani. Semasa hidup, selalu dekat. Setelah wafat, selalu membela dan tetap dekat. Kini beliau berbaring di samping guru beliau tercinta yang lebih dulu wafat.

Dan kita berhusnuzzon lagi berharap pada Allah, bahwa di akhirat kelak, Allah akan menjadikan beliau di samping sang guru di surga-Nya yang tinggi -InsyaAllah-.

 

Semoga Allah mengumpulkan kita, beliau dan guru beliau di surga-Nya bersama guru agung segenap mukminin, Rasulullah dan para sahabat beliau.

       رحمك الله يا شيخنا الغالي  علي_حسن الحلبي رحمة واسعة

 

 

 

Ditulis Ustadz Johan Saputra Halim حفظه الله تعالى.

Diterbitkan Senin, 16 November 2020

 

Link: https://web.facebook.com/jo.saputra.halim