Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Mungkinkah Indonesia akan menyusul Amerika, Jerman, Korea Selatan, Hongkong, dan Singapura yang sudah mengakui dilanda resesi?

Tahukah anda kawan apa itu resesi?

Katanya sih, pertubuhan ekonomi di bawah o {e404e6bfafbb4627a451daa53922f3860aceef259272628fb2e86d7b499f7fda}, alias minus, konsumsi lebih besar daripada produksi.

Banyak kalangan yang mengawatirkan nasib Indonesia, bahkan banyak pula yang berkata sejatinya Indonesia sudah resesi, namun ditutup tutupi, dengan berbagai indikasi, dan data yang mereka kemukakan.

Kawan! Menurut anda, manakah yang lebih dahsyat, antara resesi dan mati?

Tetangga atau keluarga anda mati hari ini, maka itu bukan dalil atau bukti valid bahwa anda juga mati bersama mereka hari ini.
Bisa jadi pada saat mereka mati, anda malah baru terlahir ke dunia.

Bisa jadi jatah rejeki mereka telah tuntas, namun justru jatah rejeki anda di dunia ini baru dimulai, atau minimal sedang dibukakan lebar lebar.

Betapa banyak anak mati, bapak dan ibunya panjang umur, ada pula saudara muda harus mengakhiri seluruh jatah rejekinya, namun saudara tuanya malah sedang kebanjiran rejekinya.

Demikianlah dunia ini, yang membuktikan bahwa hanya Allah Ta’ala yang Abadi lagi Maha Kuasa.

 

وَإِذَا أَذَقْنَا النَّاسَ رَحْمَةً فَرِحُوا بِهَا وَإِن تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ إِذَا هُمْ يَقْنَطُونَ {36} أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّ اللَّهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَاء وَيَقْدِرُ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ {37} فَآتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ ذَلِكَ خَيْرٌ لِّلَّذِينَ يُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dan apabila Kami rasakan sesuatu rahmat kepada manusia, niscaya mereka gembira dengan rahmat itu. Dan apabila mereka ditimpa sesuatu musibah (bahaya) disebabkan kesalahan yang telah dikerjakan oleh tangan mereka sendiri, tiba-tiba mereka itu berputus asa.

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan (rezeki itu). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman.

Maka berikanlah kepada kerabat yang terdekat akan haknya, demikian (pula) kepada fakir miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan. Itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari keridaan Allah; dan mereka itulah orang-orang beruntung. (Ar Rum 36-38)

Andaipun negara ini resesi, apa itu menjadi dalil dan bukti bahwa rejeki anda juga habis atau menipis?

Kuncinya tetap optimis alias tawakkal kepada Allah, dan ingatlah selalu: sejak jauh jauh hari sebelum Allah menciptakan anda di dunia ini, jatah rejeki yang mencukupi kebutuhan anda hingga akhir hayat anda, telah disiapkan dan ditetapkan.

Selalu kobarkan dalam diri anda bahwa Allah di atas segala sesuatu, alias ALLAHU AKBAR.

 

 

Status Ustadz DR.Muhammad Arifin Badri,MA

Diterbitkan 1 Agustus 2020

Link https://www.facebook.com/DrMuhammadArifinBadri/posts/3147468845334267