Rambu-Rambu Membuat Peraturan, Tata Tertib dan Undang-undang

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Ustadz Yusuf Abu Ubaidah As-Sidawi

Dalam Islam, hukum dan undang-undang merupakan hak mutlak Allah dan Nabi Muhammad hanya menyampaikan kepada umat. Allah berfirman :

إِنِ الْحُكْمُ إِلَّا لِلَّهِ

Menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah. (QS. Al-An’am: 57)

Manusia boleh membuat peraturan dan undang-undang selama untuk kebaikan manusia dan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah.

Syaikh Ibnu Utsaimin bekata:

“Politik syar’i itu tidak ada batasnya selama tidak bertentangan dengan syari’at, karena tujuannya adalah kebaikan”.

(Mandhumah fi Ushul Fiqih wa Qowa’idihi hlm. 29)

Dengan demikian, maka segala peraturan, tata tertib, atau undang-undang yang dibuat oleh pemerintah pusat atau daerah, perusahaan, sekolah, pondok, perumahan, bahkan group whatssap, hukum asalnya adalah boleh, walaupun tidak ada dalil yang memerintahkannya, selama itu dibuat demi kemaslahatan dan tidak bertentangan dengan aturan agama, karena agama Islam dibangun di atas kemaslahatan dan menolak kerusakan.

Inilah yang disebut para ulama dengan Maslahat Mursalah yaitu kemaslahatan yang tidak ada dalil yang memerintahkannya secara khusus dalam Al-Qur’an dan sunnah, namun sesuai dengan tujuan pokok syariat seperti peraturan rambu-rambu lalu lintas, pencatatan nikah di KUA, protokol kesehatan dan lain sebagainya.

Syaikh Muhammad Amin asy-Syinqithi berkata:

“Kesimpulannya, para sahabat Nabi mengamalkan maslahat mursalah yang tidak ada dalilnya selagi tidak bertentangan dengan syari’at atau membawa kerusakan yang lebih besar, demikian juga seluruh ulama madzhab berpegang pada maslahat mursalah sekalipun mereka mengatakan untuk menjauhinya. Barang siapa yang membaca kejadian-kejadian yang menimpa para sahabat dan masalah-masalah dalam fiqih madzhab niscaya dia akan mengetahui kebenaran hal ini.” (Al-Masholih al-Mursalah hlm. 46).

 

Status Ustadz Yusuf Abu Ubaidah As-Sidawi

Diterbitkan : 11 Juni 2020

Link : https://www.facebook.com/YusufAbuUbaidah/posts/3146785322031355