Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Setelah melewati masa liburan musim panas yang berlangsung lebih dari 3 bulan, kegiatan perkuliahan akhirnya kembali dimulai. Proses belajar yang berlangsung secara daring ini memiliki kelebihan bisa dilakukan dimana saja. Namun demikian, sisi negatif dari metode seperti ini adalah beberapa masalah yg kerap muncul saat hendak bergabung ke dalam kelas daring tersebut. Entah karena koneksi yang tidak stabil, sulit mengoperasikan aplikasi atau yang lainnya.

Hal serupa terjadi saat perkuliahan perdana pada minggu ini. Dosen yang sudah memulai pertemuan terpaksa harus menunda perkuliahan menjadi minggu depan. Alasannya ialah karena banyak mahasiswa yang kesulitan untuk ikut bergabung. Nampaknya, liburan selama 3 bulan membuat mereka lupa cara masuk kelas.

Jika hal yang sejatinya simpel dan mudah akan hilang dan lupa saat tak diulang, maka hal yang sama juga berlaku terhadap hafalan Al-Quran. Jika kita berani memberikan “masa libur” untuk muroja’ah, maka bersiaplah untuk kehilangan sesuatu yang amat berharga. Terdapat sebuah ungkapan yang masyhur:

آفة العلم النسيان وقلة المذاكرة

“Kebinasaan sebuah ilmu adalah karena lupa dan jarang diulang”

Semoga Allah subhanahu wata’ala memudahkan kita untuk istiqomah dalam menuntut ilmu. Aamiin.

 

Status Ustadz Afit Iqwanuddin,A.md,Lc

Diterbitkan 3 September 2020

Link : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3477586798928379&id=100000312782626