Kiat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam Keluar dari Krisis

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Ketika beliau berhijrah ke kota Madinah, bersama para muhajirin, praktis terjadi banyak maslah, termasuk masalah ekonomi. Mengingat kebanyakan muhajirin berhijrah tanpa membawa serta kekayaannya.

Mensiasati tantangan ini, beliau melakukan beberapa langkah tegas:

  1. Pemberdayaan potensi yang ada secara maksimal, yaitu mempekerjakan para muhajirin di ladang milik Anshar, guna membekali kaum muhajirin dengan skill baru sebagai petani, disamping skill awal mereka sebagai para pedagang. Tujuannya memberi kesempatan keada saudara kita yang sedang kesuliatn untuk beradaptasi dengan “new” normal, dengan mencari skill baru dan juga bimbingan saudara yang telah lebih dahulu eksis.
  2. Melarang kaum Anshar dari menyewakan lahan pertanian, guna memaksimalkan pemanfaatan lahan, mengingat ketersedian tenaga kerja yang melimpah. Langkah ini sebagai bentuk komitmen mengedepankan kemaslahan masyarakat banyak dibanding kepentingan pribadi.
  3. Membebaskan sumber ekonomi vital yaitu sumber air minum, yang semula dikuasai oleh orang Yahudi. Langkah ini sebagai bentuk kontribusi sosial dari para pemilik modal dari ummat Islam dalam mengurai sebagian problem yang mengancam ummat.

Jangan lagi mengeluh, warung tetangga kurang lengkap, atau pelayanan kurang bagus, dan harag kurang kompetitive.

Ingat, pahlawan itu selalu berkata ummatku menunggu kontribusi dan pengorbananku, bukan aku yang mencari hidup dari umatku.

Semoga menggugah kesadaran antum semua.

 

Status Ustadz Muhammad Arifin Badri حفظه الله تعالى

Diterbitkan 31 Mei 2020

Link: https://www.facebook.com

Topics: