Izinkanlah Istrimu Untuk Menghadiri Majelis Ilmu

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Wahai Para Suami Sadarlah Anda…

Wahai para suami sadarlah anda bahwa kewajiban anda bukan hanya memberikan nafkah kepada istri anda! Akan tetapi lebih dari itu kewajiban yang paling penting dan sangat agung yaitu mengajarkan ilmu agama yang dibutuhkan oleh istri anda.

Izinkanlah ia untuk menghadiri majelis-majelis ta’lim. Ingatlah bahwa kebutuhannya untuk memperbaiki agama dan mensucikan jiwanya jauh lebih penting dibandingkan kebutuhannya terhadap makanan dan minuman.

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Kebutuhan manusia terhadap syariat sangat mendesak melebihi kebutuhan mereka terhadap segala sesuatu. Bahkan kebutuhan mereka terhadap syariat lebih besar dibandingkan kebutuhan mereka terhadap nafas, makan, minum, dll…” (Miftah Dar as-Sa’adah, 2/2)

Allah berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (Surat at-Tahrim: 6)

Istri bagian dari keluarga, memelihara istri dari api Neraka dengan iman dan amal shalih. Amal shalih harus didasari ilmu dan pengetahuan sehingga seseorang bisa melaksanakannya sesuai tuntutan syariat. (Al-Wajiz fi Fiqhi as-Sunnah wa al-Kitab al-Aziz, hal. 357)

Diterbitkan pada 11 September 2021
Link : https://www.facebook.com/UstadzAmirAsSoronji/posts/403942677812365

Topics: