Diobong Ora Kobong Disiram Ora Teles

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Petuah jowo kuno yang begitu indah.

Kendalikan emosimu, maka engkau menjadi orang sakti alias berjaya, petuah ini mungkin maksudnya semakna dengan hadits berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ    [رواه البخاري ومسلم

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwasannya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. bersabda, “Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, sungguh orang yang kuat adalah yang mampu menguasai dirinya ketika marah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berlatihlah menahan jiwamu, agar tidak mudah terbakar emosi, biasakan menahan lisanmu agar tidak mudah ceroboh berkata dan kendalikan jarimu agar tidak asal menulis.

Di era medsos semisal ini, gegabah berbicara,menulis, berkomentar tanpa pikir panjang semakin berbahaya.

Yuk, berlatih tabayyun dan memilih.Tidak semua yang terjadi dikomentari, atau disikapi ada saatnya anda membiasakan diri “membisu”Apalagi menghadapi orang gila, gila hormat, gila harta, gila jabatan, gila wanita, gila pria, gila bola, gila, gila lainnya, apalagi gila betulan.

Semoga menginspirasi.

 

Status Ustadz Dr.Muhammad Arifin Badri,MA

Diterbitkan pada 15 November 2019

Link :https://www.facebook.com/DrMuhammadArifinBadri/posts/2535529289861562