Apakah Pengobatan anda adalah pertanda khusnul khotimah?

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Di saat ada pasien yang meninggal dunia, tenaga medis atau terapis lalu membuat klaim super besar: “Alhamdulillah, pengobatan kami berhasil menghantarkannya kepada husnul khatimah”.

Subhanallah, tidak sekedar kalim pengobatan kami manjur, atau paling manjur, tapi kelewat batas sampai dipropagandakan sebagai  “jaminan” mendapat kemulian husnul khatimah.

Sebatas yang pernah saya pelajari, dengar dan baca tidak satu ulama’pun yang menjelaska bahwa pertanda husnul khatimah ialah bila ia meninggal sebelumnya menjalani pengobatan tertentu.

Sampaipun pengobatan dengan minum madu yang jelas jelas disebut dalam Al Qur’an atau berbekam yang pernah dipraktekkan dan juga dianjurkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tak seorang ulama’pun yang menyatakan bahwa bila pasien mati setelah menjalani pengobatan dengan keduanya maka ia dijamin “husnul khatimah”.

Kawan, sebatas yang saya ketahui husnul khatimah itu bila ia mati setelah mengucapkan syahadat, atau ketika menjalankan ibadah, semisal jihad, shalat atau lainnya. Demikian pula bila ia meninggal dengan selalu berhusnuzzon kepada Allah Ta’ala.

Semoga menjadi pengingat bagi yang lupa dan mencerahkan bagi yang sedang dalam kegelapan klaim klaim buta semisal di atas.

 

Status oleh : Dr Muhammad Arifin Badri حفظه الله تعالى

Diterbitkan pada : 1 feb 2020

Link : https://www.facebook.com/DrMuhammadArifinBadri

 

Topics: