Pentingnya Persiapan Menghadapi Hari Kiamat

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Nabi ﷺ sering bicara hal-hal terkait fenomena yang akan terjadi di #akhirzaman. Tujuannya, agar umat beliau waspada, dan tetap setia pada syariat Allah.

Bicara kejadian-kejadian akhir zaman, di samping demi menambah keyakinan akan kebenaran Nubuwwat beliau ﷺ, juga untuk mewanti-wanti umat dari fitnah dan keburukan yang bakal terjadi di akhir zaman.

Jadi, bukan hanya sekedar memuaskan “nafsu kekepoan” perihal kapan pastinya suatu fenomena akhir zaman terjadi sebagaimana yang telah dinubuwatkan Nabi ﷺ. Mengetahui kapan pastinya hari kiamat -atau tanda-tanda besarnya- terjadi, tidaklah urgen (itu sebabnya Allah merahasiakannya). Namun, apa persiapan kita untuk menghadapinya, ini yang super urgen.

Hadits ini contohnya. Nabi beritahukan, agar kita umatnya, mawas diri. Jangan sampai jatuh pada keharaman yang dimaksud. Bukan justru sibuk mencari tau kapan kejadiannya. Toh kita sudah saksikan, ia sudah lama terjadi.

Atau mungkin, hadits di bawah ini dianggap biasa aja kali ya?! Sehingga tidak “se-seksi” pembicaraan tentang Dukhan 2020, Petaka 15 Ramadhan, dan lain-lain. Padahal, boleh jadi kita telah jatuh dalam kubangan apa yang diwanti-wanti Nabi ﷺ ketika menyampaikan hadits ini.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah ﷺ bersabda; “Sungguh benar-benar akan datang pada manusia suatu zaman. Seseorang tak lagi peduli dengan apa ia memperoleh harta, apakah dengan cara yang halal, ataukah haram.” [HR. al-Bukhari].

 

Status Ustadz Johan Saputra Halim حفظه الله تعالى.

Diterbitkan Kamis, 21 Juni 2020

Link: https://web.facebook.com/jo.saputra.halim