Benarkah Ayat Al-Quran Berjumlah 6666 Ayat?

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Diantata info yang kerap beredar di kalangan masyarakat adalah bahwa jumlah ayat dalam Al-quran 6666 ayat. Hal ini sejatinya cukup menarik, sebab deretan angka yang sama tersebut berjejer dengan cukup indah. Selain itu, jumlah tersebut juga amat mudah untuk dihafal.

Mungkin alasan inilah yang membuat info tersebut menyebar dengan luas. Bahkan sebagian Dai kerap menyampaikannya dalam ceramah-ceramah mereka. Padahal jumlah ini sangatlah jauh dari fakta yang sesungguhnya.

Para ulama sendiri cukup memberikan perhatian seputar jumlah ayat Al-Quran, sampai-sampai terdapat satu bidang ilmu khusus yang membahasnya. Ilmu tersebut dinamakan dengan ‘Addu Al-Ay atau juga dikenal dengan nama ilmu Al-Fawashil.

Namun tahukah anda bahwa tak ada satupun diantara mereka yang menyebutkan bahwa ayat Al-Quran berjumlah 6666 ayat.

Lantas berapakah jumlah ayat Al-Quran sesungguhnya?

Jika menghitung dalam mushaf Riwayat Hafs yang biasa kita baca, maka akan kita dapati ayat Al-Quran berjumlah 6236 ayat. Cara menghafalnya pun sebenarnya cukup mudah.

Yaitu dengan menjadikan angka 23 yang diapit oleh dua angka 6 ini sebagai kunci = 6(23)6. Sebab angka ini juga mengingatkan kita bahwa Al-Quran turun kepada Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam selama +- 23 tahun.

Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat.

Referensi:
Al-Itqon fi ‘Ulum Al-Quran
Nafais Al-Bayan
Ar-Rowabith Al-Hisan

Follow instagram:
https://www.instagram.com/qoryatuna/

 

Status Ustadz Afit Iqwanuddin,A.md.,Lc
Diterbitkan 4 Juni 2020

Link : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3215654491788279&id=100000312782626

Topics: