Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Dikisahkan, Seseorang menyampaikan ke Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin hafizhahumallah, bahwa ada seseorang yang mencelanya dan menyebutkan sesuatu yang jelek tentangnya, maka Syaikh Abdur Razzaq berkata, dia hanya tahu sedikit tentang kejelekanku, padahal masih banyak lagi kekuranganku yang belum ia ketahui, mendengar jawaban tersebut, si pembawa berita itupun akhirnya menangis…. (Masya Allah, faedah dari kajian ustadz Firanda hafizhahullah).

 

Kejadian di atas menunjukkan betapa lapangnya dada Syaikh Abdurrazzaq terhadap orang yang berbeda dengannya bahkan terhadap orang yang mencelanya.

Di antara akhlak nyata yang ditampakkan Syaikh Abdurrazzaq adalah ‘afiful lisan (beliau memiliki lisan yang terjaga). Tidak suka mencela, tidak larut dalam hiruk pikuk perselisihan di antara para ulama’, Pernah saya menyimak muhadharoh Syaikh Abdurrazzaq via YouTube, video itu banyak ditonton dan banyak yang memberi komentar….. saya jumpai di antara komentar ada yang berkata:

هذا الشيخ إذا تكلم كاد أن لا تتحرك شفتاه

 

(Syaikh ini kalau berbicara hampir tidak terlihat gerakan kedua mulutnya), ada pula yang berkomentar: هذا الرجل خلق للجنة (orang ini tercipta untuk masuk syurga).. dan masih banyak lagi pujian dan doa di kolom komentar tersebut, semua itu menunjukkan betapa banyak orang menyaksikan budi luhur dan akhlak Syaikh Abdurrazzaq hafizhahullah…semoga Allah menjaga dan memanjangkan umur beliau dalam kebaikan.

 

Walaa uzakki ‘alallahi ahada…

 

 

9 Oktober 2020

Ustadz Fadlan Fahamsyah

 

https://www.facebook.com/fadlan.fahamsyah/posts/1794863484002258