Keberkahan Ilmu Agama yang Tiada Duanya

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

yeikh Abdurrahman Assa’di rohimahulloh:

“Kebaikan apakah yang lebih agung daripada kebaikan ilmu (agama)?! Semua kebaikan akan terhenti kecuali kebaikan ilmu (agama), nasehat, dan arahan.

Setiap permasalahan ilmu yang diambil faedahnya dari seseorang, baik satu masalah atau lebih, sehingga orang yang mempelajarinya atau orang lain mendapat manfaat darinya; sungguh itu adalah kebaikan-kebaikan yang pahalanya akan terus mengalir kepada pemilik faedah ilmu tersebut.

Ada seorang sahabat yang mengabarkan kepadaku, dia berfatwa pada suatu permasalahan faraidh (ilmu waris) di saat syeikhnya sudah meninggal, lalu dia bermimpi melihat syeiknya mengatakan di dalam kuburnya: ‘Permasalahan ini yang kamu telah berfatwa di dalamnya, pahalanya telah sampai kepadaku’.

Dan ini adalah perkara yang sudah maklum dalam syariat: (sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits): ‘Barangsiapa memberikan contoh kebaikan, maka baginya pahala dari amalannya dan pahala dari orang-orang yang mengamalkannya hingga hari kiamat’.

Jika amal-amal yang lain akan terhenti oleh kematian, maka para ulama kebaikannya akan semakin bertambah setiapkali arahannya dimanfaatkan”.

[Alfatawa Assi’diyyah, hal: 73].

——-

MasyaAllah, betapa besarnya pahala para ulama, para penyebar ilmu agama, dan orang-orang yang ngeshare status-status kebaikan sehingga diambil manfaatnya oleh orang lain, semoga kita semua mendapatkan pahala yang agung ini, aamiin.

 

 

Ditulis Ustadz DR. Musyaffa’ Ad Dariny MA, حفظه الله تعالى.

Diterbitkan Selasa, 8 November 2016

Link: httapis://www.facebook.com/addariny.abuabdillah

Topics: