Main-main dan bercanda dengan istri itu berpahala

Silahkan Bagikan Semoga Bermanfaat

Sungguh nikmatnya seorang yang sudah menikah. Karena main-main dan bercanda dengan istri selain tentunya menimbulkan kebahagiaan di hati, juga mendapatkan pahala.

 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

اللهْوُ في ثلاثٍ : تأديبُ فرَسِكَ ، و رمْيُكَ بِقوسِكِ ، و مُلاعَبَتُكَ أهلَكَ

 

“Main-main (yang bermanfaat) itu ada tiga: engkau menjinakkan kudamu, engkau menembak panahmu, engkau bermain-main dengan istrimu” (HR. Ishaq bin Ibrahim Al Qurrab dalam Fadhail Ar Ramyi no.13 dari sahabat Abud Darda, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami 5498 )

 

Dalam riwayat lain:

 

كُلَّ ما يَلهُو به الرجلُ المسلِمُ باطِلٌ إلا رَمْيَهُ بِقوسِهِ وتَأدِيبِهِ فَرَسَهُ ومُلاعَبَتِه أهلَهُ فإِنَّهُنَّ من الحقِّ

 

“Setiap permainan yang dilakukan seorang Muslim itu batil kecuali ketika ia menembakkan panahnya, menjinakkan kudanya dan main-main dengan istrinya. Karena ini semua adalah haq” (HR. Tirmidzi no. 1637, ia mengatakan: “hasan shahih”).

 

Al Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi mengatakan:

 

(وكل ما يلهو به الرجل المسلم) أي يشتغل ويلهو به (باطل) لا ثواب له (إلا رميه بقوسه) .. (فإنهن من الحق ) أي ليس من اللهو الباطل، فيترتب عليه الثواب الكامل

 

“[Setiap permainan yang dilakukan seorang Muslim] maksudnya semua perkara yang menyibukkan dan semua permainan [itu batil] artinya tidak ada pahalanya [kecuali ketika ia menembakkan panahnya, dst…] [Karena ini semua adalah haq] maksudnya semua ini bukan permainan yang batil, sehingga menghasilkan pahala yang sempurna baginya”.

 

Berlaku juga bagi para istri, ketika bermain-main dengan suaminya, ia juga mendapat pahala insyaAllah.

 

Wallahu a’lam.

 

Status Ustadz Yulian Purnama حفظه الله تعالى

DIterbitkan  :9 Desember 2019

Link : https://web.facebook.com/yulian.purnama

Topics: